Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Barabai Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih & Melayani (WBBM) Media Digital Seputar Pelayanan dan Keterbukaan Informasi Publik PA BARABAI !!! RAKAT...! SEMANGAT...! HEBAT...!
Beranda
Profil Pengadilan
Visi Misi Pengadilan
Tugas dan Fungsi
Wilayah Yurisdiksi
Struktur Organisasi
Sejarah Pengadilan
Daftar Nama Pimpinan
Agenda Kegiatan
Agenda Kerja Satker
Alamat Pengadilan
Penghargaan PA Barabai
Kerapatan Qadhi PA Barabai
Sejarah Kerapatan Qadhi
Foto-Foto Kerapatan Qadhi
Zona Integritas
Area I
Area II
Area III
Area IV
Area V
Area VI
Area Hasil
Hasil Penilaian Mandiri LKE ZI
Kesekretariatan
Profil Pegawai
Pimpinan
Hakim
Profil Pejabat Struktural
Profil Pejabat Fungsional
Profil JFT dan Pelaksana
PPNPN
Data Statistik Pegawai
Laporan Harta Kekayaan
LHKPN
LHKASN
Laporan Keuangan
Anggaran/DIPA
Realisasi Anggaran
Neraca Keuangan
RKAKL
Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
Realisasi PNBP
Daftar Asset dan Inventaris
SAKIP
LKjIP
Renstra
IKU
Rencana Kinerja Tahunan
Perjanjian Kinerja
Rencana Aksi
Cetak Biru MA
Pengadaan Barang dan Jasa
Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
Unit Pelaksanaan Teknis Kesekretariatan
Kepaniteraan
Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP)
Direktori Putusan PA Barabai
E-COURT (Berperkara Secara Elektronik)
Tentang E-Court
Dasar Hukum E-Court
Tata Cara Penggunaan E-Court
Laporan Perkara E-Court
Prosedur Berperkara
Prosedur Berperkara Tingkat Pertama
Prosedur Berperkara Verzet / Perlawanan
Prosedur Berperkara Tingkat Banding
Prosedur Berperkara Kasasi
Prosedur Berperkara Peninjauan Kembali (PK)
Prosedur Pengambilan Produk Pengadilan (Akta Cerai, Salinan Putusan/Penetapan)
Prosedur Gugatan Sederhana
Prosedur Permohonan Eksekusi
Syarat-Syarat Berperkara
Hak-Hak Pencari Keadilan
Hak - Hak Perempuan dan Anak Pascaperceraian
Persidangan
Hak-Hak Pokok dalam Proses Persidangan
Tata Tertib Persidangan
Agenda / Jadwal Persidangan
Tahapan Proses Persidangan
Mediasi
Tentang Mediasi
Prosedur Mediasi
Daftar Hakim Mediator
Laporan Mediasi
Mediasi Elektronik
Statistik Perkara
Panggilan Ghaib
Delegasi / Tabayun
Delegasi Masuk
Delegasi Keluar
Biaya Proses Berperkara
Rincian Panjar Biaya Berperkara
Biaya Hak-Hak Kepaniteraan
Radius Biaya Panggilan
Laporan Biaya Perkara
Laporan Penggunaan Biaya Perkara
Laporan Pengembalian Sisa Panjar Perkara
Berperkara Tanpa Biaya (Prodeo)
Syarat-syarat Berperkara Prodeo
Prosedur Berperkara Prodeo
Rincian Biaya Prodeo yang Dibebankan ke Negara
Laporan Pelayanan Prodeo
Pos Bantuan Hukum
Tentang Layanan Posbakum
Keberadaan Posbakum di PA Barabai
Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum
Jenis Jasa Hukum yang Dilayani
Syarat-syarat dan Mekanisme Layanan Posbakum
Dasar Aturan tentang Posbakum
Laporan Layanan Posbakum
Pedoman Pengelolaan Kepaniteraan
Laporan Penyelesaian Perkara
Laporan Perkara Diterima, Diputus, dan Dicabut
Informasi Umum
Standar Operasional Prosedur (SOP)
Program Kerja Tahunan
Laporan Tahunan
Layanan Publik
Layanan Permintaan Informasi
Tata Cara Pelayanan Informasi
Hak-Hak Pemohon Informasi
Tata Cara Pengajuan Keberatan
Biaya Salinan Informasi
Laporan Akses Informasi
Contoh Formulir Permohonan Informasi
Layanan Pengaduan
Hak Pelapor dan Terlapor
Pedoman Pengaduan
Mekanisme Pengaduan
Penyampaian Pengaduan
Alur dan Tahapan Penanganan
Laporan Pengaduan
Aplikasi Pengaduan Mahkamah Agung RI (SIWAS)
Hukuman Disiplin
Gambaran Umum Pelanggaran
Langkah Pemeriksaan Pelanggaran
Data Hukuman Disiplin
Putusan Majelis Kehormatan Hakim
Pengawasan
Pedoman Pengawasan
SK Tim Pengawas
Laporan Pengawasan
Kode Etik
Kode Etik Hakim
Kode Etik Panitera dan Jurusita
Kode Etik Pegawai MA-RI
Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)
Surat Menyurat
Standar dan Maklumat Pelayanan Pengadilan
Jam Kerja
Fasilitas Publik
SOP Pelayanan Publik
Petugas Informasi/PTSP dan Pengaduan
Prosedur Peringatan Dini dan Evakuasi Keadaan Darurat
Publikasi
Arsip Berita
Arsip Pengumuman
Arsip Multimedia
Hasil Penelitian
Arsip Perjanjian Pihak Ketiga
Regulasi/Aturan
Jaringan Dokumen dan Informasi (JDIH) MARI
Peraturan MA-RI
Hasil Rakernas / Rakerda
Hasil Bimtek
Arsip Artikel
Informasi Lainnya
Tautan Terkait
Ucapan Selamat / Duka Cita
Media Sosial Pengadilan
Kebijakan Privasi Aplikasi "Meratus: PA Barabai"
Home
>
Kesekretariatan
>
Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
Published: Wednesday, 30 December 2020 02:26
|
Written by
Sri Rahma Agustina, S.Kom
|
Print
|
Email
| Hits: 2461
PEDOMAN PENGELOLAAN ORGANISASI, ADMINISTRASI, PERSONEL DAN KEUANGAN PENGADILAN
A.
PEDOMAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI
1.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.25 Th.2020 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024.
2.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.11 Th.2015 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019.
3.
Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No.026/KMA/SK/II/2012 tentang Standar Pelayanan Peradilan.
4.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.20 Th.2010 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2010-2014.
5.
Undang-Undang RI No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
6.
Peraturan Pemerintah Agung Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.
7.
Buku II Edisi Revisi 2013 Tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas dan Administrasi Peradilan Agama.
8.
Peraturan Presiden No. 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah
9.
Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor: 92/KMA/SK/III/2022 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya
10.
Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 351 /KMA/SK/XII/2022 tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 143/KMA/SK/VIII/2007 tentang Memberlakukan Buku I Tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas dan Administrasi Pengadilan Bidang Pola Kelembagaan Peradilan, Administrasi Kepegawaian Peradilan, Administrasi Perencanaan, Administrasi Tata Persuratan, Tata Kearsipan dan Administrasi Keprotokolan, Kehumasan dan Keamanan, Administrasi Perbendaharaan, Prototype Gedung Pengadilan dan Rumah Dinas dan Pola Klasifikasi Surat Mahkamah Agung RI
11.
Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 tentang Administrasi Pengelolaan Hibah di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya
12.
Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2022 tentang Perubahan Kelima Atas Peraturan Mahkamah Agung Nomor 7 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kepaniteraan Dan Kesekretariatan Peradilan
B.
PEDOMAN PENGELOLAAN PERSONIL/PEGAWAI
1.
Aturan Perilaku Pegawai Mahkamah Agung RI.
2.
Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung RI No.008-A/SEK/SK/I/2012 tentang Aturan Perilaku Pegawai Mahkamah Agung RI.
3.
Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung RI No.035/SK/IX/2008 tentang Petunjuk Pelaksanaan Keputusan Mahkamah Agung RI No.071/KMA/SK/V/2008 tentang Ketentuan Penegakan Disiplin Kerja dalam Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Khusus Kinerja Hakim dan Pegawai Negeri pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya.
4.
Keputusan Mahkamah Agung RI No.071/KMA/SK/V/2008 tentang Ketentuan Penegakan Disiplin Kerja dalam Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Khusus Kinerja Hakim dan Pegawai Negeri pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya.
5.
Peraturan Pemerintah RI No.14 Th.1994 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil.
6.
Peraturan Pemerintah RI No.3 Th.1980 tentang Pengangkatan dalam Pangkat Pegawai Negeri Sipil.
7.
Peraturan Pemerintah RI No.30 Th.1980 tentang Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil.
8.
Peraturan Pemerintah RI No.05 Th.1976 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil.
9.
Peraturan Pemerintah RI No.20 Tahun 1975 tentang Wewenang Pengangkatan, Pemindahan, dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil.
10.
Peraturan Pemerintah RI No.24 Th.1976 tentang Cuti Pegawai Negeri Sipil.
11.
Undang-Undang RI No.08 Th.1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian.
12.
Peraturan Pemerintah RI No.16 Th.1994 tentang Jabatan Fungsional Pegawai Negeri Sipil.
13.
Peraturan Pemerintah RI No.53 Th.2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.
14.
Peraturan Pemerintah RI No.40 Th.2010 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No.16 Th.1994 tentang Jabatan Fungsional Pegawai Negeri Sipil.
15.
Peraturan Presiden RI Nomor 19 Tahun 2008 Tentang Tunjangan Khusus Kinerja Hakim dan Pegawai Negeri di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya
16.
Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No.070/KMA/SK/V/2008 tentang Tunjangan Khusus Kinerja Pegawai Negeri di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya.
17.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 36 Tahun 2011 Tentang Jabatan yang Tidak Boleh Dirangkap oleh Hakim Agung dan Hakim.
18.
Surat Edaran Bersama Direktur Jenderal Perbendaharaan dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor SE-19/PB/2014 Nomor 1/SE/2014 Tentang Tindak Lanjut Perubahan Batas Usia Pensiun Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara, dan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2014 Tentang Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil yang Mencapai Batas Usia Pensiun Bagi Pejabat Fungsional.
19.
Undang-Undang RI No. 43 Tahun 1999 tentang Perubahan atas Undang-Undang No.8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian.
20.
Peraturan Pemerintah RI No.96 Tahun 2000 tentang Wewenang Pengangkatan, Pemindahan dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil.
21.
Peraturan Pemerintah RI No.97 Tahun 2000 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil.
22.
Peraturan Pemerintah RI No.101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil.
23.
Peraturan Pemerintah RI No.9 Tahun 2003 tentang Wewenang Pengangkatan, Pemindahan dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil.
24.
Peraturan Pemerintah RI No.8 Tahun 2020 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di bawahnya.
25.
Peraturan Pemerintah No. 17 tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil
26.
Peraturan Pemerintah No. 94 Th 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil
27.
Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 368/KMA/SK/XII/2022 tentang Pedoman Presensi Online untuk Hakim dan Aparatur Sipil Negara pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya Melalui Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian
C.
PEDOMAN PENGELOLAAN KEUANGAN
1.
Keputusan Kepala Badan Administrasi Mahkamah Agung RI No.001/SK/BU-A/I/2012 tentang Penunjukan Pejabat Kuasa Pengguna Anggaran/Pengguna Barang di Lingkungan Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya di Seluruh Indonesia Tahun Anggaran 2012.
2.
Surat Edaran Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI No.SE-35/PB/2009 tentang Tata Cara Perbaikan Data Penerimaan Negara Bukan Pajak.
3.
Peraturan Menteri Keuangan No.84/PMK.02/2011 tentang Standar Biaya Tahun Anggaran 2012.
4.
Surat Edaran Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI No.SE-14/PB/2012 tentang Mekanisme Pencairan Dana Non-Belanja Pegawai.
5.
Surat Edaran Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI No.SE-5/PB/2012 tentang Penarikan Dana Melalui Uang Persediaan atau SPM LS.
6.
Peraturan Menteri Keuangan RI No.237/PMK.05/2011 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan No.228/PMK.05/2010 tentang Mekanisme Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban atas Pajak Ditanggung Pemerintah.
7.
Peraturan Menteri Keuangan RI No.171/PMK/05/2007 tentang Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Pusat.
8.
Peraturan Menteri Keuangan RI No.170/ PMK.05/2010 tentang Penyelesaian Tagihan atas Beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Pada Satuan Kerja.
9.
Peraturan Menteri Keuangan RI No.49/PMK.02/2011 tentang Tata Cara Revisi Anggaran Tahun Anggaran 2011.
10.
Peraturan Menteri Keuangan RI No.125/PMK.05/2009 tentang Kerja Lembur dan Pemberian Uang Lembur Bagi Pegawai Negeri Sipil.
11.
Peraturan Menteri Keuangan RI No.45/ PMK.05/2007 tentang Perjalanan Dinas Jabatan Dalam Negeri Bagi Pejabat Negara, Pegawai Negeri,dan Pegawai Tidak Tetap.
12.
Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI No.PER-22/PB/2011 tentang Tata Cara Revisi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2011.
13.
Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI No.PER-33/PB/2008 tentang Pedoman Penggunaan Akun Pendapatan, Belanja Pegawai, Belanja Barang, dan Belanja Modal sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan No.91/PMK.05/2007 tentang Bagan Akun Standar.
14.
Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI No.PER-11/PB/2011 tentang Perubahan atas Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan No.PER-66/PB/2005 tentang Mekanisme Pelaksanaan Pembayaran atas Beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.
15.
Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI No.PER-11/PB/2012 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan No.PER-67/PB/2010 tentang Tunjangan Beras dalam Bentuk Natura dan Uang.
16.
Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI No.PER-66/PB/2005 tentang Mekanisme Pelaksanaan Pembayaran atas Beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.
17.
Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI No.PER-08/PB/2009 tentang Penambahan dan Perubahan Bagan Akun Standar.
18.
Peraturan Pemerintah RI No.39 Th.2007 tentang Pengelolaan Uang Negara/Daerah.
19.
Peraturan Pemerintah RI No. 34 Tahun 2014 tentang Perubahan Keenam Belas atas Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.
20.
Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas PP No 27 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah
21.
Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah
22.
Peraturan Menteri Keuangan No. 51/PMK.02/2014 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 71/Pmk.02/2013 Tentang Pedoman Standar Biaya, Standar Struktur Biaya, Dan Indeksasi Dalam Penyusunan Rencana Kerja Dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga
23.
Peraturan Menteri Keuangan No. 171/PMK.02/2013 tentang Petunjuk Penyusunan Dan Pengesahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA)
24.
Peraturan Menteri Keuangan No 50/PMK.06/2014 tentang Tata Cara Pelaksanaan Penghapusan Barang Milik Negara
25.
Peraturan Menteri Keuangan No 78/PMK.06/2014 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemanfaatan Barang Milik Negara
26.
Peraturan Menteri Keuangan No 246/PMK.06/2014 tentang Tata Cara Pelaksanaan Penggunaan Barang Milik Negara
27.
Peraturan Menteri Keuangan 277/PMK.05/2014 tentang Rencana Penarikan Dana, Rencana Penerimaan Dana, Dan Perencanaan Kas
28.
Peraturan Menteri Keuangan No 171/PMK.05/2021 tentang Pelaksanaan Sistem SAKTI
D.
PEDOMAN LAINNYA
1.
Peraturan Presiden RI No.13 Th.2005 tentang Sekretariat Mahkamah Agung.
2.
Peraturan Presiden RI No.14 Th.2005 tentang Kepaniteraan Mahkamah Agung.
3.
Undang-Undang RI No.1 Th.1974 tentang Perkawinan.
4.
Undang-Undang RI No.3 Th.2009 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang No.14 Th.1985 tentang Mahkamah Agung.
5.
Undang-Undang RI No.48 Th.2009 tentang Kekuasaan Kehakiman.
6.
Undang-Undang RI No.50 Th.2009 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang No.7 Th.1989 tentang Peradilan Agama.
7.
Cetak Biru Pembaruan Peradilan 2010-2035.
8.
Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor KMA/080/SK/VIII/2006 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengawasan di Lingkungan Lembaga Peradilan.
9.
Undang-Undang RI No. 16 Th. 2019 tentang Perubahan atas Undang-Undang No. 1 Th. 1974 tentang Perkawinan.